Peneliti AS dan Swiss Ungkapkan Bumi Pernah Punya 2 Bulan

Sunday



Ibu Rumah Tangga Beromset RATUSAN JUTA per Bulan Belajar Disini!


FOTO BUMI MEMILIKI 2 BULAN Peneliti AS dan Swiss Ungkapkan Bumi Pernah Punya 2 Bulan

Beberapa peneliti asal Amerika dan Swiss mengungkapkan Bumi mungkin pernah punya satu bulan besar, yang masih eksis sekarang, dan satu bulan kecil. Kemudian, sekitar empat miliar tahun lalu, mereka saling bertabrakan. Bulan kecil meledak dan pecah menjadi batu dan debu, sebagian besar jatuh ke sisi gelap bulan besar. Peneliti-peneliti itu menyebutnya “percikan besar.”

Peneliti dari Universitas California Santa Cruz dan Universitas Bern menerbitkan temuan-temuan mereka dalam majalah “Nature”. Mereka menjelaskan bulan kecil sangat kecil, berdiameter hanya sekitar 1.200 kilometer. Bulan kecil dan bulan besar hidup bersama selama ribuan juta tahun, kemudian sesuatu terjadi dan bulan kecil tidak mampu bertahan.

Bumi dan bulan berputar dalam bentuk yang membuat sisi gelap bulan terpaling dari kita. Dari Bumi, kita hanya melihat satu sisi. Tetapi, kita tahu seperti apa sisi lainnya. Pesawat antariksa telah mengambil banyak foto sisi gelap tersebut. Foto-foto itu menunjukkan sisi bulan yang kita lihat sangat berbeda dari sisi lainnya.

Sisi yang kita lihat punya gunung-gunung atau perbukitan, dan kawah yang sebagian di antaranya dalam. Tetapi, sisi ini tidak begitu “bergelombang” seperti sisi yang gelap. Para peneliti menduga hal itu karena bulan kecil hancur, pecah, dan mengenai sisi satunya lagi. Sisi gelap punya lapisan atas tanah yang tebal dan juga gunung yang lebih tinggi dari sisi yang bisa kita lihat. Sebagian di antaranya memiliki ketinggian 3.000 meter, dan ketika bulan kecil menabrak bulan besar, muncul tonjolan. Sisi lain pada bulan cenderung menonjol ke luar. Bayangkan bola anak-anak yang telah banyak sekali dipukul atau ditendang. Bola itu, sama halnya dengan bulan, tidak lagi bulat penuh, melainkan timpang. Foto-foto sisi gelap jelas memperlihatkan hal itu.

Kita mungkin bertanya-tanya bagaimana bulan tercipta pertama kali. Menurut kalangan ilmuwan, bulan terbentuk akibat tabrakan. Miliaran tahun lalu, kata mereka, suatu objek sangat besar menghantam bumi. Ukurannya sebesar Planet Mars. Ketika itu terjadi, ada bagian bumi yang terlempar ke antariksa. Seiring waktu, serpihan berupa bebatuan bumi dan debu itu mengumpul dan membentuk tidak hanya satu, tetapi dua bulan.

Badan Antariksa Nasional Amerika, NASA, berencana mengeksplorasi bulan lebih jauh tahun depan. Ini bisa membantu membuktikan teori tabrakan dua bulan, atau mungkin menemukan sesuatu yang benar-benar baru. Tetapi, bila penelitian terakhir terbukti benar, bulan yang sekarang satu, sebelumnya ada dua.

Cara Cepat Hamil Alami Rahasia Dokter

Read more...

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Labels

Ayo Dukung Indonesia BEBAS KORUPSI!

Powered By Info Dunia

Popular Posts

Blog Archive

  © Blogger template by Ourblogtemplates.com 2011-2012

Back to TOP