Prosesi Pernikahan Putri Sultan Digelar | Rangkaian acara Pernikahan Gusti Kanjeng Ratu Bendara dengan Kanjeng Pangeran Haryo Yudanegara

Sunday



Ibu Rumah Tangga Beromset RATUSAN JUTA per Bulan Belajar Disini!


Prosesi Pernikahan Putri Sultan Digelar | Pernikahan Gusti Kanjeng Ratu Bendara dengan Kanjeng Pangeran Haryo Yudanegara . Rangkaian acara royal wedding pernikahan Gusti Kanjeng Ratu Bendara atau GRAy Nurastuti Wijareni dengan Kanjeng Pangeran Haryo Yudanegara atau Achmad Ubaidillah dimulai Ahad, 16 Oktober 2011, pukul 09.00 WIB.
Acara dimulai dengan upacara plangkahan dari sang adik, GKR Bendara, kepada sang kakak, GRAy Nurabra Juwita.

Upacara plangkahan merupakan salah satu prosesi adat Jawa ketika sang adik menikah terlebih dahulu ketimbang sang kakak. GKR Bendara merupakan putri bungsu atau putri kelima Sultan Hamengku Buwono X. Adapun Nurabra adalah putri keempat Sultan. “Pelaksanaan plangkahan dimulai di Keraton Kilen, tidak berubah tetap pukul 09.00,” kata Ronni Guntoro ketika dihubungi Tempo, pagi hari ini.

Kepada kesempatan wawancara empat hari lalu, Bendara, yang akrab disapa Reni, menyampaikan bahwa ia telah diberi izin oleh sang kakak untuk menikah terlebih dahulu. “Kalau memang kamu ingin menikah dulu, enggak pa pa,” kata Nurabra seperti ditirukan Reni.

Untuk upacara plangkahan buat sang kakak, Reni telah menyiapkan tukan sak pengadegan, yang artinya mengganti dengan perhiasan atau sandang dari kepala sampai kaki. “Perhiasannya kalung, cincin, giwang, gelang,” kata Reni. Tapi dia merahasiakan harga plangkahan untuk sang kakak.

Setelah acara plangkahan, akan dilakukan upacara ngabekten. Ini adalah upacara mohon doa restu dari pengantin kepada orang tuanya.

Di saat yang bersamaan, calon pengantin pria, KPH Yudanegara, mulai nyantri di lingkungan Keraton. Dari Ndalem Mangkubumen, Yudhanegara akan dijemput oleh KRT Jatiningrat dan KRT Yudahadiningrat naik kereta menuju Keraton. Tiba di Regol Magangan, Yudanegara menuju bangsal Kasatriyan dan beristirahat di Gedhong Srikaton.

Tempointeraktif

Prosesi Pernikahan Putri Sultan Digelar, Pernikahan Gusti Kanjeng Ratu Bendara dengan Kanjeng Pangeran Haryo Yudanegara, Upacara Plangkahan GKR Bendara, kepada GRAy Nurabra Juwita, GKR Bendara Merupakan Putri Kelima Sultan Hamengku Buwono X, Pelaksanaan plangkahan dimulai di Keraton Kilen, Upacara Ngabekten, KPH Yudanegara Nyantri di Lingkungan Kraton, Ndalem Mangkubumen, Regol Magangan

Cara Cepat Hamil Alami Rahasia Dokter

Read more...

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Labels

Ayo Dukung Indonesia BEBAS KORUPSI!

Powered By Info Dunia

Popular Posts

Blog Archive

  © Blogger template by Ourblogtemplates.com 2011-2012

Back to TOP