8 Alasan Menunda Vaksinasi pada Anak | 8 ALASAN SEBELUM MEMBERI IMUNISASI PADA ANAK

Saturday



Ibu Rumah Tangga Beromset RATUSAN JUTA per Bulan Belajar Disini!


SAAT TEPAT VAKSINASI ANAK8 Alasan Menunda Vaksinasi pada Anak | 8 ALASAN SEBELUM MEMBERI IMUNISASI PADA ANAK. Vaksinasi atau imunisasi adalah salah satu cara terbaik untuk memastikan anak Anda tetap sehat dan terlindung dari ancaman penyakit. Tetapi, banyak orang tua khawatir apakah pemberian vaksin cukup aman jika sang buah hati mengalami pilek, alergi dan kondisi medis lainnya.
Nyatanya, hampir seluruh imunisasi aman bagi kebanyakan anak-anak. Tetapi ada beberapa alasan yang mungkin masuk akal bagi para orang tua untuk menunda atau bahkan tidak memberi vaksinasi kepada anak. Untuk keamanan, konsultasikan pada dokter anak, manakah di antara alasan-alasan di bawah ini yang relevan dengan anak Anda.

1. Mengalami reaksi parah terhadap vaksin sebelumnya

Salah satu alasan utama untuk menghindari vaksinasi bagi anak adalah reaksi alergi yang parah terhadap vaksin sebelumnya, kata Robert W. Frenck, Jr, MD, profesor kesehatan anak di Cincinnati Children Hospital Medical Center, Ohio.

Reaksi-reaksi alergi "hampir tidak pernah terjadi," kata Dr Frenck, tetapi yang muncul bisa berupa gatal-gatal, kesulitan bernapas atau penurunan tekanan darah. Reaksi serius lain seperti demam tinggi, sakit kepala, dan kebingungan juga termasuk kasus langka yang dilaporkan.

2. Alergi telur

Vaksin untuk flu dan virus campak dibuat dalam telur ayam. Namun, pemberian vaksin tersebut masih bisa diberikan kepada anak Anda, bahkan jika ia mengalami alergi telur.

Salah satu cara untuk memberikan vaksin flu kepada anak-anak yang alergi terhadap telur adalah dengan memberikannya dalam dosis yang kecil, kata Andrew Hertz, MD, spesialis anak dari University Hospital Rainbow Babies & Children Hospital, di Cleveland.

Komite Penasehat untuk Progam Imunisasi di AS baru-baru ini merekomendasikan bahwa orang dengan alergi telur boleh mendapatkan vaksinasi flu. Studi telah mencatat bahwa orang-orang bahkan dengan alergi telur tidak mengalami reaksi terhadap vaksin, mungkin karena jumlah protein telur di dalamnya sangat kecil.

3. Demam tinggi

Jika anak Anda mengalami demam di atas 38,5 derajat celcius, konsultasikan kepada dokter apakah Anda harus menunda vaksinasi, saran Dr Hertz. "Anda tidak akan tahu jika demam merupakan efek samping dari vaksin," kata Dr Hertz. Namun ia menyarankan, jika Anda menunda vaksinasi karena demam, ingatlah untuk menjadwal ulang.

4. Asma

Anak-anak dengan asma atau mengalami gangguan kondisi paru-paru lainnya harus menjadi orang yang terdepan untuk mendapatkan vaksinasi flu setiap tahunnya. Pasalnya, flu bisa menjadi masalah besar bagi mereka dengan gangguan kesulitan bernapas.

Tapi Anda harus menghindari jenis vaksin flu nasal (vaksin yang disemprotkan), karena vaksin tersebut mengandung virus hidup tidak seperti vaksin yang disuntik - yang merupakan virus mati. "Ini mungkin akan menyebabkan serangan asma," kata Dr Hertz.

5. Steroid dosis tinggi

Jika anak Anda menggunakan kortikosteroid dosis tinggi (yang mematikan reaksi kekebalan terlalu aktif), Anda harus menghindari vaksin virus hidup-, termasuk vaksin flu nasal, rotavirus, MMR, varisela (cacar air), dan zoster ( herpes), sampai beberapa minggu setelah ia berhenti memakai steroid.

Steroid dosis tinggi biasanya diminum untuk jangka waktu yang relatif singkat untuk mengobati asma atau kondisi lain. Obat ini dapat menurunkan aktivitas sel-sel imun yang melawan infeksi virus, kata Dr Frenck. Tapi dosis rendah steroid yang dihirup, tidak masalah dalam untuk dilakukan vaksinasi.

6. Kekebalan tubuh rendah atau kemoterapi

Anak-anak dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah akibat kemoterapi, atau mereka yang menerima pengobatan imunosupresif untuk penyakit autoimun seperti peradangan usus atau rheumatoid arthritis (RA), juga harus menghindari vaksin virus hidup. Meskipun membunuh - virus vaksin tetap aman dan diperlukan untuk melindungi anak-anak sepertidengan kondisi seperti itu.

7. HIV-positif

Secara umum, anak-anak dengan HIV harus mendapatkan vaksinasi selama sistem kekebalan tubuh mereka tidak terlalu terganggu, kata Ciro Sumaya, MD, profesor dari Texas A&M Health Science Center School of Rural Public Health, College Station.

Satu-satunya pengecualian adalah vaksin flu hidup. Jika tidak, asalkan anak dengan HIV memiliki jumlah T-sel dalam rentang yang dapat diterima, ia cukup aman untuk dapat menerima vaksin virus hidup, termasuk MMR, varicella, dan rotavirus.

8. Ada orang yang sakit dirumah

Beberapa jenis vaksin hidup tertentu tidak perlu diberikan kepada anak-anak yang tinggal dengan orang yang memiliki sistem kekebalan yang lemah, baik karena sedang menjalani kemoterapi atau karena memiliki HIV / AIDS atau sedang mengkonsumsi obat imunosupresif, kata Dr Hertz.

Secara khusus, anak-anak harus ini menghindari mendapatkan vaksin flu nasal. Secara teori, virus yang berasal dari vaksin nasal ini berpotensi menular dan masuk melalui saluran pernafasan meski jumlahnya sangat sedikit.
kompas.com

8 Alasan Menunda Vaksinasi pada Anak, 8 ALASAN SEBELUM MEMBERI IMUNISASI PADA ANAK, Tips yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memberi Imunisasi Pada Anak, Penyakit yang Perlu Diwaspadai Sebelum Imunisasi Anak, Waspadai Alergi Pada Anak Sebelum Imunisasi

Cara Cepat Hamil Alami Rahasia Dokter

Read more...

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Labels

Ayo Dukung Indonesia BEBAS KORUPSI!

Powered By Info Dunia

Popular Posts

Blog Archive

  © Blogger template by Ourblogtemplates.com 2011-2012

Back to TOP