TIPS MENGETAHUI GEJALA KERACUNAN MAKANAN & CARA MENGATASINYA | Langkah Praktis Cegah Keracunan Makanan

Tuesday



Ibu Rumah Tangga Beromset RATUSAN JUTA per Bulan Belajar Disini!


TIPS MENGATASI KERACUNAN MAKANANTIPS MENGETAHUI GEJALA KERACUNAN MAKANAN & CARA MENGATASINYA | Langkah Praktis Cegah Keracunan Makanan . Hati-hati dengan makanan yang Anda makan. Apakah sudah diolah dengan benar dan higienis? Pasalnya, keracunan makanan dapat mendatangkan berbagai masalah, mulai dari gejala mengganggu hingga berakibat kematian. Baca juga SHINTA BACHIR DIDESAK MINTA MAAF KEPADA KOMJEN MAKBUL PADMANEGARA | MISTERI JENDERAL BINTANG TIGA MANTAN KEKASIH SHINTA BACHIR dan TIPS MENGOBATI PENYAKIT KULIT DENGAN BAHAN ALAMI | CARA TRADISIONAL MENGOBATI PANU
Keracunan makanan adalah penyakit yang ditimbulkan dari konsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri patogen, virus, atau parasit. Hal ini juga bisa disebabkan oleh toksin kimiawi atau alamiah seperti jamur beracun.

Gejala keracunan makanan adalah mual, muntah, sakit kepala, diare, kelelahan, dehidrasi, dan sakit perut. Beberapa kasus serius mengharuskan korban dirawat di rumah sakit. Bahkan, ada pula yang meninggal setelah menyantap makanan tertentu.

Berdasarkan data Food Watch pada tahun 2004, ada 7347 kasus keracunan makanan dengan 45 orang tewas di Indonesia. Sumber terbesarnya adalah masakan rumah tangga (47,1%), diikuti oleh industri jasa boga (22,2%), makanan olahan (15%), serta makanan jajanan (14,4%). Sementara itu, 1,3% kasus tidak dilaporkan.

Ada beberapa langkah yang bisa diambil untuk mencegah keracunan makanan.

1. Menjaga kebersihan

Yang paling utama adalah menjaga kebersihan, baik tangan, peralatan dapur, atau area kerja. Jangan lupa cuci tangan setelah dari toilet serta sebelum dan sesudah mengolah makanan. Jaga dapur dari serangga, hama, dan binatang lainnya.

2. Pisahkan makanan mentah dari makanan matang, terutama daging.

Gunakan peralatan (misalnya pisau dan talenan) yang berbeda dengan makanan matang atau non daging. Bungkus secara terpisah agar tidak terjadi kontak antara makanan mentah dengan makanan siap santap.

3. Masak Makanan hingga matang

Sebaiknya semua daging, baik daging merah, daging unggas (ayam dan bebek), maupun makanan laut, dimasak hingga matang. Namun, yang utama adalah daging unggas. Rebus daging ayam dan bebek hingga airnya berwarna bening, bukan merah muda. Masak dengan suhu minimal 70 C, karena pada suhu inilah mikroba patogen mati.

4. Gunakan Bahan Makanan yang Berkualitas

Untuk bahan baku masakan, gunakan air yang sudah terjamin kebersihan dan keamanannya. Pilih makanan segar dan bagus kualitasnya. Pastikan makanan diolah hingga aman dikonsumsi. Untuk sayuran dan buah mentah, cuci di bawah air mengalir. Selain itu, jangan konsumsi makanan yang sudah kadaluwarsa.
detik.com

TIPS MENGETAHUI GEJALA KERACUNAN MAKANAN & CARA MENGATASINYA, Langkah Praktis Cegah Keracunan Makanan, Gejala Keracunan Makanan, Obat Untuk Mengatasi Keracunan Makanan

Cara Cepat Hamil Alami Rahasia Dokter

Read more...

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Labels

Ayo Dukung Indonesia BEBAS KORUPSI!

Powered By Info Dunia

Popular Posts

Blog Archive

  © Blogger template by Ourblogtemplates.com 2011-2012

Back to TOP