KENALI DAN CEGAH VIRUS HEPATITIS A | TIPS MENCEGAH TERTULAR VIRUS HEPATITIS A

Thursday



Ibu Rumah Tangga Beromset RATUSAN JUTA per Bulan Belajar Disini!


MENCUCI TANGAN HINGGA BERSIH DAPAT MENCEGAH TERTULARNYA VIRUS HEPATITIS A KENALI DAN CEGAH VIRUS HEPATITIS A | TIPS MENCEGAH TERTULAR VIRUS HEPATITIS A. MEREBAKNYA infeksi hepatitis A pada puluhan siswa SMK Negeri 2 Kota Depok beberapa minggu lalu memang terbilang mengejutkan. Dikabarkan, telah ada 68 siswa yang terjangkit infeksi hepatitis A dan 9 siswa tengah dirawat intensif. Baca juga Foto Lucu Spanduk Polisi Bebas Menyalahgunakan Narkoba | Spanduk Salah Cetak Polisi Bikin Geli
Hepatitis A merupakan infeksi yang endemis di masyarakat kita, terutama di akhir musim kemarau ini. Infeksi yang diketahui biasa menyebar melalui jajanan ini pastinya membuat para orang tua ketar-ketir akan kemanan jajanan anak-anak di sekolah.

Praktisi kesehatan Ari F Syam menjelaskan, "Hepatitis A adalah infeksi hati yang disebabkan virus hepatitis A. Infeksi ini ditularkan melalui makanan dan minuman atau juga melalui kontak langsung. Hubungan seksual, khususnya secara anal dan oral, juga bisa menjadi penyebab penularan hepatitis A." Ia melanjutkan, virus ini terdapat pada feses pasien yang terinfeksi.

Kasus di Depok memang masih menunggu hasil penelitian laboratorium, tapi Ary menduga mewabahnya infeksi ini berasal dari makanan atau minuman yang tercemar. Sebab, virus ini sebenarnya tidak mudah untuk ditularkan hanya dengan bertemu di sekolah.

Pasien dengan hepatitis A biasanya mengalami mata dan kulit kuning dan urine yang berwarna kuning gelap. Gejala awalnya malah seperti flu, dengan sakit badan, mual, dan kadang disertai muntah, nafsu makan menurun, dan lemas. Pasien juga merasakan nyeri di perut kanan atas. Ini tidak mengherankan sebab liver pasien hepatitis A memang akan meradang.

Adapun obat-obat yang diberikan sifatnya hanya menghilangkan gejala yang muncul. Contohnya jika diare diberikan obat antidiare dan mual diberikan antimual. Virus hepatitis A tidak bisa menjadi hepatitis B karena memang virus penyebabnya berbeda. Oleh karena itu, kalau Anda sudah pernah menerima vaksin hepatitis B tidak berarti sudah terlindungi dari infeksi virus hepatitis A.

Yang terpenting dalam mencegah terinfeksi virus ini adalah hidup sehat dengan makan yang teratur dan cukup gizi, istirahat cukup, dan banyak mengkonsumsi buah dan sayur-sayuran. Tak lupa, rutin mencuci tangan dengan sabun, sebelum dan sesudah makan serta setelah keluar dari toilet.
mediaindonesia.com

KENALI DAN CEGAH VIRUS HEPATITIS A, TIPS MENCEGAH TERTULAR VIRUS HEPATITIS A, Gejala Hepatitis A, Cara Penyebaran Virus Hepatitis A, Cara Agar Tidak Terinfeksi Virus Hepatitis A

Cara Cepat Hamil Alami Rahasia Dokter

Read more...

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Labels

Ayo Dukung Indonesia BEBAS KORUPSI!

Powered By Info Dunia

Popular Posts

Blog Archive

  © Blogger template by Ourblogtemplates.com 2011-2012

Back to TOP