STERILISASI ALAT MAKAN DAN MINUM BAYI | TIPS MERAWAT PERALATAN MAKAN DAN MINUM BAYI

Wednesday



Ibu Rumah Tangga Beromset RATUSAN JUTA per Bulan Belajar Disini!


BAYI YANG MASIH LEMAH, MEMERLUKAN PERALATAN MAKAN-MINUM YANG BERSIH DAN STERILSTERILISASI ALAT MAKAN DAN MINUM BAYI | TIPS MERAWAT PERALATAN MAKAN DAN MINUM BAYI. Orang tua zaman dulu sering berujar, tak perlu mencuci alat makan-minum bayi kelewat bersih. "Nanti malah sakit!" Tentu saja itu tak benar. Sebaliknya, kita juga kerap melihat ibu-ibu yang kelewat "semangat" merawat peralatan makan-minum bayinya. Misalnya, direbus dalam air mendidih sampai-sampai botol/gelas, berubah bentuk karena tak tahan panas yang kelewat tinggi. Maunya, sih, biar benar-benar steril.
Memang benar, peralatan makan-minum bayi harus dirawat dengan baik. Artinya, harus bebas kuman. Soalnya, bayi baru lahir sangat rentan terhadap infeksi. Baik karena kuman, parasit, atau jamur. Penyebabnya, kekebalan tubuh bayi belum berkembang sempurna. "Karena itu orang yang akan kontak dengan bayi, harus dalam keadaan bersih benar. Begitu juga saat menyiapkan makan dan minuman bayi. Termasuk, kebersihan peralatan makan-minumnya," terang dr. Toto Wisnu Hendrarto, SpA , dari Bagian Kelompok Kerja Perinatologi, RS Anak dan Bersalin Harapan Kita, Jakarta.

KEKEBALAN TUBUH

Sejumlah peralatan makan-minum, tekan Toto, malah tak boleh sekadar dibersihkan dari kotoran, melainkan harus disterilkan. "Terutama jika ibunya tak memberi ASI, melainkan susu formula. Nah, botol susu harus benar-benar bebas dari mikroorganisme."

Umumnya sterilisasi botol sangat diperlukan, terutama pada bulan-bulan pertama kelahirannya. Setelah usia bayi bertambah, umumnya kekebalannya mulai meningkat seiring dengan diberikannya imunisasi dasar. Di samping itu, di saluran cernanya mulai diberikan makanan tambahan pendamping ASI atau PASI. Tujuan utama sterilisasi peralatan makan-minum bayi adalah mencegah timbulnya penyakit menular dan gangguan di saluran cerna.

CUKUP DICELUP

Pada prinsipnya, usahakan semua peralatan makan-minum dalam keadaan steril. Tapi untuk peralatan makan (piring, gelas, sendok, dan lainnya), tak harus direbus hingga 100 persen steril seperti halnya botol susu. "Cukup dibilas dengan air panas atau celupkan sebentar di air mendidih," kata Toto.

Sebetulnya, lanjut Toto, semua makanan yang lewat mulut pun tidak 100 persen steril. Begitu juga keadaan di dalam usus bayi. "Kecuali di hari-hari pertama kelahirannya." Nah, setelah memperoleh ASI atau PASI, mulailah tumbuh koloni kuman yang normal dalam ususnya. "Di sinilah kemudian mulai terjadi kekebalan-kekebalan pada usus si bayi. Sehingga diharapkan setelah usia 4 bulan, ia sudah mulai kuat dan bisa menerima tantangan-tantangan kuman atau apa pun dari luar."

Makanan tambahan tadi, menambah daya tahan tubuh bayi. "Dengan kata lain, masuknya makanan-makanan yang tidak 100 persen steril itu sebetulnya bisa dianggap seperti halnya vaksinasi." Semakin bagus proses peralihan dari ASI atau PASI ke makanan tambahan, semakin bagus pula proses pembentukan kuman di usus bayi sehingga kekebalan tubuhnya pun jadi lebih baik.

JAMUR JADI BERLEBIH

Peralatan makan yang harus dapat perhatian utama adalah botol susu. Sterilisasi botol harus dilakukan karena pemakaian botol susu bisa agak lama, sehingga mudah sekali terjadi kontaminasi. Ini berbeda dengan pemakaian piring dan alat makan lain, yang biasanya selesai dipakai dalam waktu 30-40 menit.

"Memang, kalau peralatan makan-minum tak steril, bayi bisa terserang kuman dan timbul infeksi." Umumnya, ada 3 faktor yang mendasari infeksi. Yakni, daya tahan tubuh, jumlah kuman, dan ganasnya kuman. "Tapi, meski jumlah kuman banyak dan ganas sementara daya tahan tubuh bagus, tak akan terjadi infeksi."

Yang jelas, tambah Toto, sesuatu yang berlebihan juga tak baik. "Kalau semua alat makan-minum dibuat steril dan bebas kuman, jelas tidak terjadi proses stimulasi atau kolonisasi kuman di dalam usus. Padahal, kuman merupakan suatu ekosistem. Bila di usus tak ada kumannya, maka ekosistemnya jadi tidak stabil."

Akibat selanjutnya, jamur tumbuh secara berlebihan sehingga tak seimbang. "Ini pun bisa menyebabkan infeksi usus. Yang juga harus dipahami, pembentukan kuman penting pula untuk pembentukan vitamin K yang berguna sebagai faktor pembekuan darah."

GANGGUAN DAN PENANGANAN

Gejala yang timbul akibat infeksi di saluran cerna tergantung dari letaknya. Bila terjadi di usus bagian atas, maka gejalanya muntah. Sedangkan di usus bagian bawah, gejala berbentuk mencret. Sementara jika terjadi di usus halus, mencretnya sering, tapi jumlahnya sedikit-sedikit dan berlendir. Jika di usus besar, mencretnya lebih cair dan volumenya lebih banyak. "Secara umum, gejala infeksi usus disebut muntaber. Istilah kedokterannya, gastroentritis atau radang lambung dan usus."

Diare merupakan penyakit utama infeksi usus yang disebabkan disfungsi di usus yang tidak bisa menyerap makanan dengan baik. Bila kerusakan usus di permukaan saja, biasanya selain keluar dalam bentuk konsistensi cair, juga disertai lendir. Namun bila kerusakan ususnya sampai lebih dalam lagi, bisa mengeluarkan darah.

Jika terjadi diare, yang terpenting adalah menjaga keseimbangan cairan. "Jumlah cairan yang masuk ke tubuh, harus lebih banyak dari jumlah yang dikeluarkan." Sebagai pertolongan pertama, beri oralit, pedialyte, dan lainnya, sampai mendapatkan pertolongan dokter.

Dokterlah yang akan mendiagnosa, apakah gangguan itu disebabkan infeksi atau melulu gangguan enzim saja. Bila karena infeksi, akan diberi obat-obatan untuk infeksinya. Tapi jika gangguan enzim, biasanya dokter akan menyarankan diet, semisal susu bebas laktosa, tidak makan banyak serat, serta makan protein tinggi saja.

Kesembuhannya tergantung daya tahan tubuh, keganasan kuman, dan jumlah kuman. "Kalau daya tahan tubuh bagus, akan terjadi penyembuhan lebih cepat. Kalau tidak bagus, berarti ini akan berkelanjutan tergantung dari daya tahan tubuh dan keganasan kumannya."
tabloidnova.com

STERILISASI ALAT MAKAN DAN MINUM BAYI, TIPS MERAWAT PERALATAN MAKAN DAN MINUM BAYI, Manfaat Sterilisasi Alat Makan dan Minum Bayi, Cara Sterilisasi Peralatan Makan-Minum Bayi yang Benar, Penyakit yang Ditimbulkan Akibat Tidak Menyeterilkan Peralatan Makan-Minum Bayi, Gejala yang Timbul Akibat Infeksi di Saluran Cerna

Cara Cepat Hamil Alami Rahasia Dokter

Read more...

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Labels

Ayo Dukung Indonesia BEBAS KORUPSI!

Powered By Info Dunia

Popular Posts

Blog Archive

  © Blogger template by Ourblogtemplates.com 2011-2012

Back to TOP