PERILAKU IKAN ANEH DARI LAUT SULAWESI | Di Laut Sulawesi, Ada Ikan Bisa Meniru Rupa Gurita

Friday



Ibu Rumah Tangga Beromset RATUSAN JUTA per Bulan Belajar Disini!


FOTO BLACK MARBLE JAWFISHPERILAKU IKAN ANEH DARI LAUT SULAWESI | Di Laut Sulawesi, Ada Ikan Bisa Meniru Rupa Gurita. Lautan Indonesia kembali menyumbang pengetahuan baru bagi ilmu pengetahuan dunia. Dari perairan Selat Lembeh, Sulawesi Utara, peneliti menemukan keberadaan ikan yang meniru rupa gurita penyamar. Baca juga FITUR BARU DI WINDOWS 8 | Reset & Refresh, Pembersih dan 'Penyegar' di Windows 8
Godehard Kopp dari University of Gottingen, Jerman, melakukan penyelaman di perairan Sulawesi pada pertengahan tahun lalu. Selama penyelaman itu, ia mengamati sepasang makhluk air menyelam bersama. Kedua hewan air itu adalah gurita penyamar (Thaumoctopus mimicus) dan black-marble jawfish (Stalix cf. histrio).

Selama lima belas menit, kamera milik Kopp tak lepas dari perilaku aneh jawfish. Binatang ini terus mengikuti ke manapun gurita penyamar bergerak. Yang menarik perhatian adalah, ikan mungil tersebut mengubah warna tubuhnya sehingga serupa dengan warna tubuh gurita penyamar. Akibatnya, gurita yang biasanya menipu mangsa atau musuhnya dengan menyamarkan diri kini malah tertipu oleh penyamaran jawfish.

Video rekaman Kopp kemudian dikirimkan kepda Rich Ross dan Luiz Rocha dari California Academy of Sciences. Institusi yang mendalami jawfish ini menganggap perilaku penyamaran ini tak pernah ditemui sebelumnya.

Penyamaran sendiri bertujuan agar jawfish mendapatkan perlindungan dari gurita sambil berkelana mencari makanan. Peneliti juga melaporkan temuan ini kepada jurnal ilmiah Coral Reefs dan menyebut perilaku jawfish sebagai "peniruan oportunistik".

"Penyamaran ini sangat unik karena baru teramati pertama kali," ujar Luiz Rocha selaku asisten kurator ilmu ikan dari California Academy of Sciences.

Meski mengamati perilaku baru binatang, kecemasan segera meruap setelah penelitian. Sebab, kawasan Segitiga Karang Asia Tenggara yang menjadi habitat satwa ini mengalami mengalami kerusakan akibat kegiatan manusia. Akibatnya, banyak perilaku unik binatang dari kawasan ini musnah sebelum sempat dipelajari oleh manusia.
tempointeraktif.com

PERILAKU IKAN ANEH DARI LAUT SULAWESI, Di Laut Sulawesi, Ada Ikan Bisa Meniru Rupa Gurita, Gurita Penyamar (Thaumoctopus Mimicus), Black-Marble Jawfish (Stalix cf. Histrio), Segitiga Karang Asia Tenggara, Temuan Aneh Dari Laut Sulawesi

Cara Cepat Hamil Alami Rahasia Dokter

Read more...

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Labels

Ayo Dukung Indonesia BEBAS KORUPSI!

Powered By Info Dunia

Popular Posts

Blog Archive

  © Blogger template by Ourblogtemplates.com 2011-2012

Back to TOP