TIPS SUKSES MENDIDIK ANAK DENGAN HYPNOPARENTING | Kiat Mempraktikkan HypnoParenting

Friday



Ibu Rumah Tangga Beromset RATUSAN JUTA per Bulan Belajar Disini!


SUKSES TERAPKAN HYPNOPARENTING PADA ANAKTIPS SUKSES MENDIDIK ANAK DENGAN HYPNOPARENTING | Kiat Mempraktikkan HypnoParenting. Mendidik anak dengan metode HypnoParenting dapat dilakukan siapa saja. Mulai orangtua terhadap anak-anaknya, pendidik seperti guru kepada murid-muridnya, termasuk juga kakek-nenek, terapis, dan pengasuh atau orang dewasa yang mengasuh anak. Aplikasi HypnoParenting juga terbilang praktis dan dapat dilakukan di berbagai kesempatan di antara aktivitas anak. Baca juga JESSICA ISKANDAR SERIUS TEKUNI AGAMA BARUNYA | OLGA SYAHPUTRA AJARKAN JESSICA SHOLAT DAN BERZIKIR
"Namun memang waktu yang paling efektif menerapkan HypnoParenting dengan memberikan sugesti positif pada anak adalah saat jelang tidur ketika mata anak mulai berat namun ia belum tertidur," jelas Dr Dewi Yogo Pratomo, MHt, penulis buku HypnoParenting yang juga adalah pengajar, dosen, konsultan sumber daya manusia, di Jakarta beberapa waktu lalu. Waktu sesaat sebelum tidur ini otak anak berada dalam gelombang alpha atau theta sehingga RAS terbuka lebar dan sugesti lebih mudah ditanamkan, lanjut Dr Dewi.

Meski begitu, mengasuh dan mendidik anak dengan metode HypnoParenting dapat dilakukan pada waktu-waktu efektif berikut agar sugesti yang ditanamkan menancap dan menetap. Selain itu penggunaan alat bantu juga bisa membantu orangtua saat memberikan sugesti positif kepada anak. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memberikan sugesti positif dalam HypnoParenting:

Waktu efektif

* Saat mengajak anak berdoa, suasana relaks dan suara lirih sehingga tercipta ketenangan dan anak pun mudah terhipnosis.
* Saat anak bermain, anak biasanya fokus pada permainannya. Kondisi ini bisa Anda manfaatkan untuk menanamkan sugesti positif.
* Menggambar adalah media yang bisa digunakan untuk menghipnosis anak. Gunakan gambar sebagai awal masuk sugesti.
* Sesaat sebelum bangun tidur kondisinya mirip seperti anak jelang tidur. Perhatikan ketika di pagi hari ia mulai terbangun, menggerak-gerakkan tubuhnya, dan ada gerakan bola mata. Di balik matanya yang terpejam, suntikkan sugesti yang Anda kehendaki, saran Dr Dewi.
* Anak yang sedang makan berada dalam keadaan rileks. Selain menikmati makanan ia juga menikmati suasana di sekitarnya. Saat inilah Anda bisa memasukkan sugesti positif ke dalam pikirannya.
* Saat mendiamkan anak menangis, masukkan sugesti ke dalam pikiran anak. Pasalnya, ketika anak menangis ia berada dalam keadaan "tersakiti". Tetapi saat tangisan mereda, ia sedang menciptakan ketenangan dalam diri. Sembari menenangkan perasaan dan pikirannya, Anda bisa menghipnosis secara perlahan.
* Saat menggendong, dalam bentuk buaian, inilah waktu efektif yang dapat digunakan untuk menghipnosis anak. Anak berada dalam kondisi sangat tenang, mirip seperti ketika ia akan tertidur. Pikiran dan perasaannya juga berada dalam level terendah.
* Melalui nyanyian, Anda juga bisa menghipnosis anak. Ada banyak jenis nyanyian yang bisa digunakan untuk menghipnosis anak. Nyanyian yang lembut dan pelan bisa membuat anak terhipnosis dengan mudah. Anda juga bisa menggubah syair lagu yang familiar dengan kalimat yang menggugah semangat anak melakukan sesuatu atau meningkatkan rasa percaya dirinya.
* Mendongeng bisa menjadi metode hipnosis yang juga efektif. Pilihlah cerita dongeng yang sarat hikmah dan memotivasi. Anda juga bebas berkreasi menciptakan cerita menarik yang disajikan atraktif.
* Saat anak belajar ia sedang fokus akan sesuatu, inilah waktu tepat memberikannya sugesti dengan suara lembut dan nada rendah.

Alat bantu

Untuk membantu Anda mensugesti anak secara positif, gunakan alat bantu berupa benda yang familiar dengannya. Alat bantu berfungsi sebagai pusat konsentrasi anak dan pelengkap sugesti. Anda bisa menggunakan alat bantu seperti boneka kesayangan, mainan lego warna-warni, alat gambar, kaset atau CD lagu anak, bola karet, boneka tangan, permainan jari tangan, dan lainnya. Dengan alat bantu ini, anak menjadi lebih tenang, nyaman dan tidak tertekan. Biarkan anak bermain dengan alat permainan kesukaannya, perlahan Anda bercerita sambil melibatkan benda-benda tersebut untuk memberikannya sugesti.

Naskah sugesti

Naskah sugesti tak harus selalu digunakan, namun merupakan salah satu penentu keberhasilan HypnoParenting. Saat membuat naskah, perhatikan bahasa dan pemilihan kata. Setiap orangtua dapat membuat sendiri naskah sugesti sesuai kebutuhan.

Berikut saran yang diberikan Dr Dewi:
1. Gunakan bahasa yang lekat dengan keseharian anak dan sesuai usianya.
2. Lakukan pengulangan kalimat agar tertanam dalam pikiran bawah sadar.
3. Gunakan nama panggilan kesayangannya saat menyapanya.
4. Jangan gunakan kata negatif seperti "Tidak", "Bukan", "Jangan". Kata-kata negatif ini tidak bisa diterjemahkan oleh pikiran bawah sadar.
kompas.com

TIPS SUKSES MENDIDIK ANAK DENGAN HYPNOPARENTING, Kiat Mempraktikkan HypnoParenting, Hipnosis Anak, Hypnoparenting, Tips Mendidik Anak, Langkah-langkah Menghipnosis Anak, Metode Mendidik Anak, Cara Menerapkan Hypnoparenting Pada Anak, Waktu Efektif Menerapkan Hypnoparenting

Cara Cepat Hamil Alami Rahasia Dokter

Read more...

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Labels

Ayo Dukung Indonesia BEBAS KORUPSI!

Powered By Info Dunia

Popular Posts

Blog Archive

  © Blogger template by Ourblogtemplates.com 2011-2012

Back to TOP