MITOS-MITOS PERAWATAN BAYI | TANGGAPAN MEDIS TENTANG MITOS-MITOS PERAWATAN BAYI

Thursday



Ibu Rumah Tangga Beromset RATUSAN JUTA per Bulan Belajar Disini!


TANGGAPAN DOKTER SEPUTAR MITOS PERAWATAN BAYIMITOS-MITOS PERAWATAN BAYI | TANGGAPAN MEDIS TENTANG MITOS-MITOS PERAWATAN BAYI. Cukup banyak mitos seputar perawatan bayi yang kita dengar. Entah itu warisan dari orang tua maupun dari teman. Tapi, apa, sih, tanggapan medis soal mitos-mitos perawatan bayi ini. Yuk, kita ikuti pemaparan dr. Fajar Subroto, Sp.A dari Klinik Anakku Cinere, Depok. Baca juga Kim Hyun Joong Kalahkan Lady Gaga di Chart Musik Jepang | ALBUM KIM HYUN JOONG BERSAING DENGAN LADY GAGA DAN COLDPLAY
1. CABE UNTUK LESUNG PIPIT

Tak sedikit orang tua yang menginginkan anaknya memiliki lesung pipit. Apalagi kalau anaknya perempuan. Nah, agar anak punya lesung pipit yang menarik, konon, pada saat bayi, pipi si kecil harus ditekan sebentar atau dicolek dengan cabe rawit yang masih utuh.

Padahal, terjadi tidaknya lesung pipit bukan disebabkan oleh "colekan" si cabe, melainkan ditentukan oleh bagaimana susunan otot-otot di daerah wajah, khususnya pipi. "Wajah seseorang memiliki banyak sekali otot, yang akan berkontraksi kala kita berekspresi atau membuka mulut. Nah, pada orang tertentu dan pada gerakan tertentu, susunan otot tersebut bisa saja membentuk lekukan, sehingga terjadi lesung pipit."

2. BULU MATA DIGUNTING AGAR LENTIK

Konon, agar bulu mata anak, khususnya anak perempuan, menjadi lentik, maka harus sering dipotong sedikit-sedikit kala masih kecil. Padahal, dalam kenyataannya memotong bulu mata malah mengurangi kemampuan bulu mata untuk melindungi matanya terhadap benda asing yang mengarah ke matanya. Dengan dipotongnya bulu mata, mau tak mau, "perisai" dari mata akan semakin pendek, sehingga jadi kurang fungsi protektifnya. Sedangkan untuk bisa jadi panjang dan lentik atau tidak, sebenarnya lebih ditentukan oleh unsur bawaan. Justru jika dipotong, bulu mata akan menjadi lebih kaku dari sebelumnya.

3. HIDUNG DITARIK-TARIK AGAR MANCUNG

Kerap dijumpai orang tua yang ingin anaknya berhidung mancung, maka pangkal hidung si kecil setiap kali ditarik-tarik oleh ibunya. Sebenarnya, mancung tidaknya hidung seseorang ditentukan oleh bagaimana bentuk tulang hidungnya, dan ini sifatnya bawaan. "Jadi, walau hidungnya sering ditarik-tarik, tapi kalau memang dalam garis keturunannya tak ada unsur hidung yang mancung, ya, tak akan jadi mancung."

4. INJAK EMBUN PAGI AGAR JADI TINGGI

Rasanya tak ada orang tua yang tidak menginginkan anaknya memiliki tinggi yang cukup, apalagi kalau anaknya laki-laki. Menurut mitos yang beredar, agar anak tumbuh tinggi, maka setiap pagi harus diajak berjalan-jalan menginjak embun. Makin banyak dan makin sering embun pagi diinjak, akan makin besar kemungkinannya untuk menjadi tinggi nantinya.

Mitos ini jelas tidak benar, tapi ada juga unsur manfaatnya, lo! "Mengajak anak jalan di pagi hari cukup bermanfaat karena udara pagi yang masih segar dan sinar matahari pagi membantu metabolisme tubuh menjadi lebih baik." Seperti diketahui, sinar matahari pagi baik untuk metabolisme vitamin D, yang berguna bagi pertumbuhan tulang. Namun, tak bisa untuk meninggikan badan anak. Sebab, tinggi seseorang ditentukan oleh faktor genetik, hormonal, dan nutrisi. "Bila orang tuanya memang tinggi, maka besar kemungkinan anak juga akan tinggi. Selain itu, faktor hormon pertumbuhan dan kecukupan gizinya pun cukup menentukan."

5. TAKUT ANAK GENDUT? PAKAIKAN GURITA

Seringkali si kecil dipakaikan gurita terus-menerus oleh ibunya, karena sang ibu khawatir anaknya jadi terlalu gemuk. Sebenarnya, pemakaian gurita tak memberikan pengaruh pada gemuk tidaknya anak. Yang menentukan gemuk atau tidaknya adalah asupan nutrisinya. Bahkan, pemakaian gurita yang terlalu lama dan sering, bisa menghambat gerakan napas si kecil. Jangan lupa, pertumbuhan bayi relatif cepat, lo.

6. AGAR ALIS LEBAT, OLESI DENGAN LUDAH IBU

Ini mitos yang sudah cukup lama dan ternyata hingga kini pun masih banyak yang melakukannya. Namun demikian, sebenarnya ini tak ada dasar ilmiahnya sama sekali. Seperti halnya pada rambut, alis pun yang lebih menentukan adalah faktor bawaan dan nutrisi yang baik. Bahkan kalau diberikan ludah dan alis tersebut jadi tak bersih, akan menyebabkan alis tak sehat dan mudah rontok.

7. DITEMPELI KOIN AGAR TIDAK BODONG

Katanya, agar pusar anak tak menonjol alias bodong, maka harus ditempeli dengan uang logam. Pusar pada bayi memang tampak lebih menonjol. Hal ini dipengaruhi faktor otot dinding perut anak kecil yang memang masih lemah. Normalnya, seiring usia bertambah dan makin kuatnya dinding perut, maka pusar makin tidak menonjol. Walau demikian, adakalanya memang ada kelainan pada lapisan otot perut si kecil, yang disebut hernia umbilicalis, yang menyebabkan pusar tampak bodong. Akan tetapi kelainan ini penanganannya harus dengan operasi.

8. JARI LENTIK DENGAN CARA DIURUT-URUT

Agar jari­jari tangan si kecil jadi lentik nantinya, harus sering diurut-urut ke depan. Mitos ini biasanya diterapkan untuk bayi perempuan. Akan tetapi, sesungguhnya mengurut jari tak akan memberikan dampak apa-apa pada jari si kecil. Yang menentukan adalah faktor bawaan.

9. KEMERAHAN DI KULIT DIOLESI LUDAH IBU

Bayi yang baru lahir seringkali memiliki bercak kemerahan pada kulitnya. Nah, agar bercak hilang, konon harus diolesi ludah ibu yang sudah basi.

Sebenarnya, bercak merah pada bayi baru lahir bisa disebabkan 2 hal, yaitu memang ada tanda lahir atau bercak karena trauma lahir. Bercak karena tanda lahir, misal, tahi lalat yang berwarna kemerahan, memang akan menetap seterusnya, walaupun diolesi ludah setiap saat. Sebaliknya, bercak merah karena memar akibat trauma persalinan, semisal karena tertekan kala bayi melalui jalan lahir, akan hilang dengan sendirinya, walaupun sama sekali tak diolesi ludah ibu.

Yang terpenting, Bu-Pak, mengoleskan ludah itu, bukan sesuatu yang bisa dibenarkan dari sisi kebersihan dan higiene. Sebab, malah akan menyebabkan kulit makin tak bersih.
tabloidnova.com

MITOS-MITOS PERAWATAN BAYI, TANGGAPAN MEDIS TENTANG MITOS-MITOS PERAWATAN BAYI, Mitos Seputar Perawatan Bayi

Cara Cepat Hamil Alami Rahasia Dokter

Read more...

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Labels

Ayo Dukung Indonesia BEBAS KORUPSI!

Powered By Info Dunia

Popular Posts

Blog Archive

  © Blogger template by Ourblogtemplates.com 2011-2012

Back to TOP