PILIH JENIS TEH SESUAI DENGAN KEBUTUHAN ANDA | MANFAAT TEH BAGI KESEHATAN

Sunday



Ibu Rumah Tangga Beromset RATUSAN JUTA per Bulan Belajar Disini!


JENIS-JENIS TEH YANG BERMANFAAT BAGI KESEHATANPILIH JENIS TEH SESUAI DENGAN KEBUTUHAN ANDA | MANFAAT TEH BAGI KESEHATAN. TEH merupakan salah satu jenis minuman dengan banyak manfaat. Kandungan antioksidannya diyakini mampu meningkatkan kekebalan tubuh, dan melawan penuaan dini. Kandungan kafeinnya memberi banyak manfaat kesehatan, seperti mengurangi risiko penyakit diabetes, atau meningkatkan daya ingat. Untuk mendapatkan manfaatnya sesuai kebutuhan tubuh, sebaiknya Anda mengenal jenis-jenis teh yang biasa Anda temukan. Baca juga LADIES, STOP PENUAAN DINI DENGAN 9 CARA INI | TIPS MENCEGAH PENUAAN DINI dan Cara Bieber Kesampingkan Tuduhan Hamili Penggemar | DITUDUH MENGHAMILI, JUSTIN BIEBER SIBUK BERMAIN TENIS MEJA
Menurunkan kolesterol: Teh hitam

Teh hitam ini tergolong jenis yang paling umum, dan merupakan 75 persen konsumsi teh di seluruh dunia. Teh ini digulung dan difermentasikan, lalu dikeringkan dan ditumbuk. Citarasa teh ini sedikit lebih pahit dan memiliki kandungan kafein yang tertinggi, yaitu sekitar 40 mg per cangkir. Bandingkan dengan secangkir kopi yang mengandung 50-100 mg kafein. Jadi, kalau kopi terlalu berat untuk Anda, coba lawan kantuk Anda dengan teh hitam.

Teh hitam juga memiliki konsentrasi antioksidan yang tinggi, yang dikenal sebagai theaflavins dan thearubigins. Senyawa ini diperkirakan mampu menurunkan kadar kolesterol, demikian menurut Rebecca Baer, pakar diet di New York City. Orang yang minum tiga cangkir teh hitam atau lebih setiap hari kemungkinan bisa menurunkan risiko stroke hingga 21 persen.

Menurunkan risiko penyakit jantung: Teh hijau

Tak suka teh hitam? Silakan coba teh hijau, karena teh ini memiliki citarasa yang lebih enak daripada teh hitam. Setelah dipetik, daun teh langsung dikeringkan dan dipanaskan, sehingga menghentikan proses fermentasinya. Dalam secangkir, kandungan kafeinnya 25 mg.

Teh hijau penuh dengan kandungan antioksidan bernama katekin, bagian dari kelompok yang disebut EGCG. Senyawa ini mampu melawan segala sesuatu, dari kanker hingga penyakit jantung, kata Karen Collins, penasihat nutrisi di American Institute for Cancer Research, di Washington, DC. Sebuah studi menunjukkan bahwa secangkir teh hijau sehari dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular hingga 10 persen.

Menurunkan berat badan: Teh oolong

Mirip dengan teh hitam, namun difermentasikan dalam waktu yang lebih singkat, sehingga memberikan rasa yang lebih kaya. Oolong juga mampu membantu proses penurunan berat badan. "Oolong mengaktifkan enzim yang berfungsi menghancurkan trigliserida, bentuk lemak diet yang tersimpan di dalam sel-sel lemak," ujar Baer.

Untuk menurunkan berat badan, orang juga cenderung mengonsumsi teh hijau. Padahal, perempuan yang meminum teh oolong akan membakar lebih banyak kalori dalam periode dua jam, daripada yang hanya minum air putih. Oolong juga mengandung kafein dalam jumlah yang lebih rendah, yaitu 30 mg per cangkir.

Melawan diabetes: Teh putih

Daun teh dipetik saat masih sangat muda, sehingga teh putih memiliki citarasa yang paling ringan daripada jenis teh lainnya. Kafeinnya pun paling rendah, sekitar 15 mg per cangkir. Teh tubruk mungkin juga mengandung antioksidan lebih banyak daripada teh celup, karena daun tehnya mengalami pemrosesan lebih singkat.

Teh putih juga mempunyai manfaat pelawan kanker dan penyakit kardiovaskular. Beberapa penelitian menyatakan bahwa teh jenis ini juga bermanfaat untuk pengidap diabetes. Jurnal Phytomedicine menuliskan bahwa mengonsumsi teh putih dapat memperbaiki toleransi glukosa dan pengurangan kolesterol jahat.

Rileksasi, pereda mulas, dan lain-lain: Teh herbal

Sebenarnya, teh herbal bukanlah teh karena yang digunakan adalah kombinasi buah-buahan kering, bunga, dan tumbuh-tumbuhan bumbu lainnya. Makanya, teh herbal tidak mengandung kafein.

Sebuah studi yang dimuat di Journal of Nutrition mendapati bahwa minum tiga cangkir teh hibiscus (kembang sepatu) setiap hari dapat membantu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Teh chamomile bisa membuat Anda rileks dan mudah terlelap, sedangkan teh peppermint sanggup menenangkan perut yang bergolak karena makanan yang Anda konsumsi.

Hindari teh herbal yang digunakan untuk menurunkan berat badan, karena kemungkinan mengandung bahan laksatif (bahan pencahar) yang berbahaya.

Sebagai minuman penyegaran: Flavored tea

Teh hitam, hijau, atau putih, bisa menjadi lebih beraroma dengan tambahan kayu manis, jeruk, atau lavender. Teh jenis ini memiliki kadar antioksidan dan manfaat kesehatan yang sama seperti yang tidak beraroma. Teh yang ditambah dengan aroma buah-buahan super, seperti blueberry, bisa jadi mengandung lebih banyak antioksidan, demikian menurut Lisa Boalt Richardson, pakar teh dan penulis buku The World in Your Teacup. Agar manfaatnya maksimal, tak usah menambahkan gula ke cangkir teh Anda.
tempointeraktif

PILIH JENIS TEH SESUAI DENGAN KEBUTUHAN ANDA, MANFAAT TEH BAGI KESEHATAN, Jenis-jenis Teh dan Manfaatnya Bagi Kesehatan, Jenis Teh yang Dapat Melawan Diabetes, Jenis Teh yang Dapat Menurunkan Risiko Jantung

Cara Cepat Hamil Alami Rahasia Dokter

Read more...

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Labels

Ayo Dukung Indonesia BEBAS KORUPSI!

Powered By Info Dunia

Popular Posts

Blog Archive

  © Blogger template by Ourblogtemplates.com 2011-2012

Back to TOP